WASPADA DEMAM BERDARAH

Parahitanews.com – Bila Anda atau anggota keluarga Anda mendadak demam, jangan panik dan buru-buru opname, karena kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi virus yang dapat sembuh sendiri dengan pemberian obat penurun demam.


Menurut Prof.dr.H.Boediwarsono,SpPD,KHOM,PGD.Pall.Med(ECU).FINASIM, Virus yang perlu diwaspadai adalah virus Dengue, yang menyebabkan penyakit Demam Dengue atau Demam Berdarah Dengue. Virus Dengue ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus.

Gejala lain yang mencurigakan Demam Dengue antara lain : nyeri kepala, badan sakit semua (disebut Break bone fever), mual muntah / rasa tidak enak di daerah ulu hati.

Pada Demam Berdarah Dengue, dijumpai perdarahan baik di gusi, kulit atau saluran cerna.

Selain dari gejala klinis, perlu pemeriksaan laboratorium untuk memastikan infeksi virus Dengue dan berat ringannya penyakit Demam Dengue / Demam Berdarah Dengue.

Di Parahita Diagnostic Center, Anda dapat melakukan pemeriksaan  Panel Demam Berdarah untuk memastikan Anda terinfeksi virus Dengue dan derajat penyakitnya.

Pada infeksi virus Dengue, akan kita jumpai penurunan jumlah trombosit dan sel darah putih (leukosit). Untuk mengetahui adanya infeksi virus Dengue, dengan pemeriksaan NS-1 (positif pada hari pertama sampai hari ke-4 demam).Bila demam sudah berlangsung  lebih dari 4 hari, lakukan pemeriksaan IgM dan IgG anti DHF, dimana IgM anti DHF mulai (+) pada hari ke-5 demam.

Hasil IgM dan IgG anti DHF (+) menunjukkan infeksi virus Dengue berulang, yang beresiko menjadi bentuk yang fatal (Dengue Shock Syndrome).

Bila benar terinfeksi virus Dengue, sebaiknya dirawat di rumah sakit. Bahaya demam berdarah bukan karena jumlah trombosit yang turun, tetapi kemungkinan terjadi shock akibat “kebocoran” plasma yang disebut Dengue Shock Syndrome (tampak sangat lemas, pucat, kesadaran menurun, nadi teraba lemah, tangan dan kaki teraba dingin).

Baca Juga : SAKIT KEPALA BERULANG ? JANGAN REMEHKAN

Jangan sepelekan demam Anda. Segera lakukan pemeriksaan Panel Demam Berdarah di cabang Parahita Diagnostic Center terdekat.
Keep Healthy and Happy. (Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *