BELUM DIKARUNIAI MOMONGAN ? AYO PERIKSA HSG

Parahitanews.com – Pemeriksaan HSG atau histerosalfingografi adalah suatu pemeriksaan yang rutin diminta oleh dokter ahli kandungan dan ahli andrologi bagi pasangan yang belum juga dikaruniai momongan setelah 1 tahun menikah. Pemeriksaan ini menggunakan sinar X dengan dosis radiasi yang kecil. Tujuan dari pemeriksaan HSG adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi rahim dan kedua saluran tuba pada wanita.

Menurut dr. Nifa Koesmarsomo, Sp.Rad(K),Sp.KN, pemeriksaan HSG dilakukan pada hari ke 10 – 12 setelah menstruasi. Dan selama itu diharapkan tidak melakukan hubungan suami istri. Pada saat pemeriksaan dilakukan, pasien diminta mengosongkan kandung kemihnya kemudian ditidurkan di atas meja pemeriksaan khusus dengan posisi kedua kaki dinaikkan ke atas. Setelah itu, digunakan alat khusus kebidanan untuk membuka jalan lahir dan mengevaluasi kondisi rahim. Pertama dinilai bagaimana posisi cervix atau mulut rahim, apakah ada kelainan atau tidak. Selain itu, dokter juga menilai produksi lendir rahim, serta melakukan pembersihan lendir dan sisa darah menstruasi di dalam rahim.

Setelah bersih, dilakukan pemeriksaan dengan memasukkan bahan kontras ke dalam rahim dan salurannya. Setelah zat kontras dimasukkan, dokter dapat mengevaluasi bentuk rahim dan kedua salurannya. Bentuk rahim bisa bermacam-macam, normalnya berbentuk  lurus, ada pula variasi bentuk menekuk baik ke depan maupun belakang. Hal ini berpengaruh terhadap ketahanan dan kemudahan sperma dalam membuahi sel telur. Apabila ada kelainan maka dapat dideteksi segera dan dilakukan pengobatan.

Pemeriksaan ini tentunya menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman, tapi jangan khawatir dengan sugesti positif terhadap diri sendiri untuk tersenyum dan tertawa selama pemeriksaan maka dapat terjadi relaksasi , sehingga rasa nyeri tadi akan berkurang.

Baca Juga : PENILAIAN RESIKO KESEHATAN KERJA BERBASIS HASIL MCU

Berikut adalah testimoni dari salah satu pasien dr. Nifa setelah melakukan pemeriksaan HSG

Silahkan hubungi cabang Parahita terdekat untuk informasi lebih lanjut mengenai HSG. Keep Healthy and Happy.(Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *