PENTINGNYA MEDICAL CHECK UP BAGI PARA KARYAWAN

Parahitanews.com – Karyawan merupakan aset penting bagi perusahaan. Karyawan yang sehat tentu dapat memberikan kinerja yang baik. dr. Anna Suraya, MKK, SpOk mengatakan bahwa untuk mengetahui kesehatan calon karyawan tersebut, maka dilakukan pemeriksaan medical check up karyawan sebelum kerja (pre-employment medical check up) yang umumnya meliputi pemeriksaan anamnesa, fisik, laboratorium dan pemeriksaan penunjang yang disesuaikan dengan kondisi tempat kerja. Dengan pemeriksaan ini, pihak perusahaan dapat mengetahui kemampuan orang tersebut untuk melakukan pekerjaan tertentu, sehingga dapat mencegah resiko penyakit atau  kecelakaan di tempat kerja.

Saat bekerja, perusahaan wajib melindungi keamanan, keselamatan dan kesehatan para karyawannya. Selain menciptakan lingkungan kerja yang aman, menerapkan penggunaan alat pelindung diri saat bekerja; secara berkala, pihak perusahaan harus melakukan  pemeriksaan medical check up karyawannya (minimal satu kali dalam setahun) atau dapat lebih sering. Jenis pemeriksaan disesuaikan dengan usia karyawan serta potensi bahaya dan pajanan yang ada di tempat kerja, misalnya pekerja yang bekerja pada tempat yang bising, perlu dilakukan pemeriksaan pendengaran secara berkala dengan tes audiometri.

Hasil medical check up karyawan memberikan informasi kepada perusahaan mengenai status kesehatan karyawannya, serta dapat mendeteksi lebih awal kemungkinan gangguan kesehatan yang terjadi akibat pengaruh lingkungan kerja. Dengan demikian, perusahaan dapat membuat perencanaan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang efektif.

Baca Juga : KENALI GEJALA LEUKIMIA

Ayo lakukan medical check up karyawan berbasis K3 di Laboratorium Parahita. Karyawan sehat, dapat bekerja optimal dan produktivitas meningkat. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi cabang Parahita Diagnostic Center terdekat. Keep Healthy and Happy (Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *