PENTINGNYA PEMERIKSAAN PRANIKAH

Parahitanews.com – Para calon mempelai tentu telah merencanakan dari jauh hari segala persiapan untuk menyambut hari bahagia, mulai dari gaun yang akan dipakai, undangan, gedung, katering dan segala detailnya, agar hari spesial tersebut berjalan lancar. Tetapi seringkali calon mempelai mengabaikan pemeriksaan kesehatan Pranikah, padahal pemeriksaan kesehatan Pranikah tersebut sangatlah penting bagi kedua calon mempelai.

Pemeriksaan Pranikah adalah sekumpulan pemeriksaan laboratorium yang dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan kedua calon mempelai. Dengan melakukan pemeriksaan Pranikah, pasangan yang akan menikah dapat mewujudkan keluarga yang sehat dan bahagia dimana kedua pasangan saling mengetahui kondisi kesehatan masing – masing pasangannya sehingga dapat diketahui faktor – faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan dan keturunan yang nanti akan dilahirkan.

Pemeriksaan Pranikah bukan untuk membatalkan pernikahan. Namun dengan mengetahui lebih awal kondisi kesehatan masing-masing, pasangan dapat mengantisipasi dan dapat mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan yang akan terjadi,  misalnya bila diketahui salah satu pasangannya menderita penyakit kronis atau penyakit yang dapat menular atau bahkan penyakit yang dapat diturunkan kepada keturunannya kelak.

Menurut dr. Masfuad (Dokter Konsultan Laboratorium Klinik Parahita) idealnya pasangan yang akan menikah sebaiknya melakukan pemeriksaan Pranikah 6 bulan sebelum menikah, tetapi bila keadaan tidak memungkinkan, pemeriksaan dapat dilakukan kapanpun sebelum menikah.

Bila hasil pemeriksaan Pranikah ada yang tidak normal, sebaiknya kedua pasangan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Parahita Diagnostic Center menyediakan beberapa pilihan Paket Pemeriksaan Pranikah, yaitu Paket Pemeriksaan Pranikah Basic, Ekonomis, Standart Pria dan Wanita serta Paket Pemeriksaaan Eksekutif Pria dan Wanita.

Beberapa macam penyakit yang dapat terdeteksi dengan pemeriksaan Pranikah, antara lain Thalassemia. Penyakit Thalassemia adalah penyakit dimana sel darah merah dipecahkan sebelum waktunya, sehingga anak mengalami anemia (kurang darah).  Penyakit ini merupakan penyakit yang diturunkan dari kedua orang tuanya yang merupakan pembawa sifat ataupun penderita Thalassemia.Selain itu, kita dapat mengetahui adanya Rhesus Inkompabilitas yaitu dimana golongan darah ibu hamil berbeda dengan golongan darah bayi yang dikandungnya. Hal ini dapat menyebabkan penghancuran sel darah merah bayi di dalam kandungan.

Lebih lanjut, kita juga dapat mengetahui adanya Diabetes Melitus atau penyakit kencing manis yang dapat menimbulkan berbagai komplikasi baik pada pria maupun wanita hamil.

Dengan pemeriksaan Pranikah, kita dapat mengetahui adanya infeksi Hepatitis B dan Hepatitis C yang dapat ditularkan kepada pasangannya dan juga dapat diturunkan kepada bayi yang dikandungnya. Penularan infeksi  virus HIV dan penyakit menular seksual dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan Pranikah ini.

Baca Juga : KENALI GEJALA PENYAKIT LUPUS

Yang terpenting dari pemeriksaan Pranikah adalah kita dapat mengetahui adanya infeksi TORCH yaitu Toxoplasma, Rubella, Cytomegalo virus dan Herpes smpleks virus Type 2, yang dapat menyebabkan keguguran atau cacat pada bayi yang dikandungnya.

Segeralah melakukan Pemeriksaan Pranikah,  agar Anda dan pasangan sehat dan bahagia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi cabang Parahita terdekat.  Keep Healthy and Happy.(Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *