PERSIAPAN TEPAT, MENJAMIN HASIL YANG TEPAT

Parahitanews.com – Sebagian dari kita tentu pernah melakukan pemeriksaan kesehatan berupa tes darah di laboratorium klinik. Sebagai upaya untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang tepat dan menggambarkan kondisi tubuh yang sebenarnya, dibutuhkan persiapan yang benar sebelum pemeriksaan. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan sebelum pemeriksaan darah adalah berpuasa.

Puasa yang dilakukan sebelum pemeriksaan laboratorium adalah tidak mengonsumsi makanan dan minuman (kecuali air putih) selama 10-12 jam. Jika lama puasa Anda kurang, hasil pemeriksaan kurang menggambarkan kondisi tubuh Anda yang sebenarnya.

Berpuasa sebelum melakukan tes darah adalah penting dilakukan agar hasil pemeriksaan tidak dipengaruhi oleh konsumsi makanan terakhir dan dapat diinterpretasikan dengan benar oleh dokter.

Selama masa puasa, Anda boleh meminum air putih dalam jumlah yang cukup. Selain itu, Anda tidak boleh merokok dan meminum kopi atau teh di pagi hari sebelum pengambilan darah. Hal ini dilakukan untuk menjamin akurasi hasil pemeriksaan.

Sebelum melakukan pemeriksaan, sebaiknya Anda dalam kondisi tenang dan tidak melakukan aktivitas fisik berat. Beritahukan kepada petugas pengambilan darah mengenai obat-obatan yang Anda minum sebelum melakukan tes darah, karena hal ini nantinya dapat mempengaruhi hasil tes darah Anda. Jika kondisi Anda tidak memungkinkan untuk berpuasa, konsultasikan dengan dokter yang bertugas di Laboratorium. (Am/Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *