PEMERIKSAAN WIDAL “OUT OF DATE”

1587662_1437741107

Parahitanews.comPasien sering datang ke dokter dan bercerita sakit “TYPHUS”, sambil menunjukkan hasil pemeriksaan widal yang positif. Hal ini jelas tidak benar, sebab penyakit typhus saat ini sudah hampir tidak ada karena higiene dan sanitasi orang Indonesia sudah lebih baik. Yang lebih menyesatkan lagi adalah menentukan diagnosis typhus hanya berdasarkan hasil pemeriksaan Widal.

Pemeriksaan Widal sekarang sudah tidak dipakai lagi karena akurasi (ketepatan) dan presisi (ketelitian) yang rendah dan hasilnya baru positif pada stadium lanjut.

Screen Shot 2016-07-11 at 7.52.02 AMUntuk menentukan diagnosis typhus tidak cukup hanya dengan pemeriksaan Widal.

Yang penting adalah gejala klinis yang khas, IgM ANTI SALMONELLA dan GALL CULTURE. Gejala klinis  yang khas untuk typhus yaitu FEBRIS KONTINU (demam terus menerus diatas 38.5 derajat Celcius. APATHIS (teler), NYERI PERUT, BRADIKARDI RELATIF (pasien demam tetapi nadi lambat) dan ROSEOLA (bintik merah, jarang dijumpai pada orang Indonesia).

Hasil pemeriksaan IgM anti Salmonella dikatakan positif bila skor minimal 4. Diagnosis typhus dapat dipastikan jika pemeriksaan Gall Culture positif (biakan dari darah untuk mencari kuman Salmonella typhosa—kuman penyebab typhus).

Pesan saya, jika Anda mengalami demam yang mendadak, jangan pikirkan itu adalah typhus, tetapi kemungkinan besar suatu infeksi virus. Jadi tidak ada manfaatnya pemeriksaan Widal. WIDAL IS GOING TO DIE. Lakukan pemeriksaan Widal di Cabang Parahita Diagnostic Center terdekat.

***Prof. BW/ds/ap


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *