ASAM URAT TIDAK SELALU PEMICU REMATIK

asam-urat-300x225

Parahitanews.comSaat ini penyakit yang paling popular mengenai usia dewasa, salah satunya adalah Asam Urat. Prof. Dr. Boediwarsono, SpPD-KHOM. PGD. Pall. Med (ECU)­—salah seorang ahli penyakit dalam RS Dr Soetomo— bercerita bahwa seorang pasiennya menghadiri pesta dan makan tanpa batas.

Menu yang disajikan saat itu adalah makanan yang banyak mengandung zat pemicu asam urat. Saat di rumah, pasien tidur dan tiba-tiba terbangun jam 02.00 pagi karena kesakitan.

Penyakit-Asam-Urat-dan-PenanganannyaPasien mengeluh sakit sekali di ibu jari kaki kanannya, bila tersentuh sedikit saja, rasa sakitnya masih terasa hingga pagi hari, kodisi ibu jari kakinya membengkak, merah, dan nyeri, hingga jalannya pincang dan harus dipapah.

Setelah nyeri reda barulah diberikan resep diet rendah purin dan Allupurinol 300 mg untuk menurunkan asam urat.

Setelah nyeri reda barulah diberikan resep diet rendah purin dan Allupurinol 300 mg sebagai obat penurun asam urat.

Menurut Prof BW, yang harus diperhatikan pada saat serangan akut asam urat adalah jangan merubah dosis Allupurinol, namun cukup diberikan obat anti radang.

Penyakit-Asam-Urat

Ibu jari kaki yang mengalami rasa sakit akibat kadar asam urat yang tinggi disebut Podagra.

Kadar asam urat yang tinggi dalam darah belum tentu menimbulkan serangan nyeri, sebab ada beberapa fase, yaitu fase asimtomatik, fase serangan akut, dan fase kronis.

Pada fase kronis bisa terjadi penyulit tophi (tumpukan kristal asam urat dalam sendi); penyakit jantung koroner; dan gagal ginjal.

Pengobatannya terdiri dari diet rendah purin, ALLUPURINOL dan apabila nyeri diberikan anti radang dan anti nyeri.

7567608_f520-2Apakah sebenarnya Asam urat? 

Asam urat adalah zat yang ada dalam tubuh, yang berasal dari pemecahan purine (dari makanan yang mengandung purine dan pemecahan sel tubuh).

Asam urat sering dihubungkan dengan penyakit Rematik. Memang betul asam urat adalah salah satu penyebab Rematik, tetapi Rematik bukan hanya selalu karena asam urat.

Rematik karena asam urat lebih dikenal dengan nama Gouty Arthritis dan baru bisa terjadi kalau kadar asam urat dalam darah tinggi, yakni pada wanita lebih dari 6.5 mg/dL dan pada pria lebih dari 8 mg/dL.

Asam-urat

Sendi yang sering diserang asam urat adalah ibu jari kaki, namun dapat juga menyerang sendi lutut, pergelangan kaki/tangan, tumit, siku, atau jari. Hal ini dipicu oleh makanan yang banyak mengandung purine, seperti: jeroan, kacang-kacangan, kangkung, buncis, sarden, tape, dan konsumsi unggas.

Segera lakukan pemeriksaan kadar asam urat Anda di cabang Parahita Diagnostic Center terdekat, agar terhindar dari nyeri rematik (Gouty Artritis).

*** Prof BW/ds/ap


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *