BENJOLAN BUKAN KANKER

Screen Shot 2016-07-09 at 8.11.02 AMParahitanews.com – Di praktek dokter sering kita jumpai pasien datang dengan keluhan benjolan di ketiak dan pasien takut sekali akan kemungkinan kanker. Faktanya tidak demikian.

Semua BENJOLAN YANG ABNORMAL disebut TUMOR. Tumor ada yang jinak, dan ada yang ganas. Tumor ganas disebut kanker. Sepintas untuk membedakan tumor jinak dan kanker yaitu dengan meraba. Kalau tumornya KERAS, BERDUNGKUL, MELEKAT SEHINGGA SULIT DIGERAKKAN, kemungkinan adalah tumor ganas, yang harus dipastikan dengan pemeriksaan histopatologi jaringan tumor untuk mengetahui jenis jaringan tumor.

Kalau tumornya LUNAK, TIDAK MELEKAT DAN MOBILE (DAPAT DIGERAKKAN), kemungkinan itu tumor jinak.

batuk-berdarah-pada-kanker-paruMenurut Prof BW, tanda-tanda lain suatu kanker adalah 7B (created by Prof BW) yaitu BENJOLAN yang keras dan tidak dapat digerakkan, BERAT BADAN menurun, perubahan pola BAB (Buang Air Besar) : bisa BAB berdarah, diare atau bisa juga sembelit (tidak bisa BAB), BLEEDING (perdarahan) abnormal, BATUK lama atau batuk darah, BOROK (luka) yang sulit sembuh dan BADAN DEMAM terus menerus.

Bila Anda mengalami gejala di atas, jangan ragu untuk periksa ke dokter untuk memastikan jenis tumor Anda.

Deteksi tumor pada stadium awal akan memberi angka kesembuhan yang tinggi. Segera datang ke cabang Parahita Diagnostic Center terdekat untuk diagnosis dan penanganan yang terbaik.

***Prof BW/DS/AP.

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *