PANEL STROKE PARAHITA

Getty_RF_Photo_of_stroke_patient_with_walker_boots_revised_2

Ulasan Kesehatan oleh: Prof. Dr. Boediwarsono, Clinical Consultant Parahita Diagnostic Center.

Parahitanews.com – Stroke terjadi apabila salah satu pembuluh darah otak terganggu, dapat juga terjadi akibat sumbatan (Thrombosis) atau perdarahan. Stroke dapat terjadi apabila memiliki faktor resiko yaitu : Diabetes Mellitus, Hipertensi, Hypercholesterolemia, Merokok, Obesitas, Stress Berat dan Usia tua.

Stroke yang timbul akibat perdarahan otak, umumnya pasien datang dengan kondisi koma dan segera lakukan CT scan. Apabila dijumpai pendarahan di otak, maka segera hubungi dokter bedah untuk penatalaksanaan yang tepat (kemungkinan tindakan bedah syaraf).

Apabila stroke diakibatkan oleh thrombosis, gejalanya timbul perlahan. Bila dijumpai trombus di otak kiri, maka terjadi kelumpuhan di sebelah kanan dan pasien tidak bisa bicara. Apabila trombus,  dijumpai pada otak kanan, maka akan terjadi kelumpuhan di sebelah kiri dan pasien masih dapat bicara.

Pengobatan stroke relatif lebih sulit. Pengobatan stroke terdiri dari pengobatan faktor resiko, pemberian anti agregasi thrombosit (Aspirin, Clopidogrel, Ticlopidin) serta Fisioterapi.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, pertahankan gaya hidup yang seimbang serta lakukan pemeriksaan Panel Stroke Parahita untuk menghindari terjadinya Stroke di cabang Parahita Diagnostic Center terdekat di kota Anda.

*** Prof BW/DS/AP

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *