KENALI HEPATITIS A

hepa a-01

Ulasan Kesehatan oleh: Prof. Dr. Boediwarsono, Clinical Consultant Parahita Diagnostic Center.

Parahitanews.com Prof.Dr.Boediwarsono,SpPD-KHOM,PGD,Pall.Med (ECU), spesialis penyakit dalam, konsultan penyakit darah dan kanker, serta konsultan Paliatif kanker, yang juga Guru Besar Universitas Airlangga Surabaya , kembali berbagi, mengenai apa dan bagaimana virus hepatitis A. Berbeda dengan “saudaranya” yakni hepatitis B dan C, hepatitis A timbul secara mendadak dan tidak mungkin menjadi kronis. Penderita hepatitis A akan sembuh, dengan sendirinya meski tanpa obat.

Pada umumnya penyebaran virus hepatitis A terjadi secara “outbreak” (wabah), pada kelompok tertentu, seperti kelompok murid sekolah yang mengkonsumsi jajanan atau makanan yang tercemar dengan virus hepatitis A, pencemaran air minum.

Masa inkubasi (waktu sejak virus masuk tubuh sampai timbul gejala), berlangsung selama 28 – 30 hari. Virus dapat ditemukan pada kotoran seorang pengidap 1 – 2 minggu sebelum timbul gejala. Karena itu sangat penting mencuci tangan untuk mencegah penularan virus ini.

20hepatitis princ_rm_photo_of_person_with_jaundice

Tanda seseorang terpapar virus ini, antara lain: mual, muntah, nyeri perut kanan atas, urine (buang air kecil) berwarna coklat seperti teh dan mata terlihat menguning.

Jika mengalami gejala ini, segera lakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kadar SGOT, SGPT. Jika hasil SGOT dan SGPT meningkat sangat tinggi (hingga ribuan mg/dl), disertai peningkatan kadar Bilirubin (Direk dan Indirek) dan IgM anti HAV positif, maka pasien didiagnosis menderita HEPATITIS VIRUS AKUT TIPE A.

Anda tidak perlu panik, karena Hepatitis A adalah self-limiting disease (penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya). Pasien Hepatitis tipe A tidak perlu opname, cukup istirahat di rumah.

Tidak ada pantangan makanan untuk pasien Hepatitis A, semakin banyak makan, dapat mempercepat penyembuhan. Pasien juga tidak memerlukan obat khusus selama dua minggu. Penularan virus ini terjadi melalui konsumsi makanan yang tidak higenis.

“Untuk menghindari virus hepatitis A, yang penting adalah sanitasi lingkungan dan kebersihan perorangan untuk mencegah pencemaran makanan oleh virus ini” ujar Prof BW.

Kenali gejala Hepatitis A dan segera lakukan pemeriksaan Panel Hepatitis A, di cabang Parahita Diagnostic Center terdekat. Hepatitis A mudah disembuhkan dengan penanganan yang cepat dan tepat.

***Prof BW / ds /ap

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *