PANEL HEPATITIS B

hepatitis B virus

Ulasan Kesehatan oleh: Prof. Dr. Boediwarsono, Clinical Consultant Parahita Diagnostic Center.

Parahitanews.com – Seorang ibu datang kepada saya dengan menangis tersedu-sedu mengatakan,  bahwa  dia mengidap Hepatitis B yang konon katanya tidak ada obatnya. Sambil memperlihatkan hasil pemeriksaan laboratorium, dan setelah saya lihat ternyata memang benar HBsAg positif, yang artinya dia terpapar dengan virus Hepatitis B.

Dengan tegas, sambil menenangkan ibu tersebut saya mengatakan, bahwa dari hasil pemeriksaan ibu  hanya terpapar virus Hepatitis B, tapi belum tentu  mengidap penyakit Hepatitis B.

liver

Apabila seseorang terpapar dengan virus Hepatitis B, yang dapat dilihat dari pemeriksaan laboratorium, HBsAg positif, bukan berarti dia mengidap Hepatitis B.

Untuk ini , perlu dilanjutkan dengan pemeriksaan SGOT, SGPT.  Apabila kadar SGOT,  SGPTnya normal, berarti , dia sehat dan tidak perlu diobati, pasien disebut Healthy Carrier (pembawa) Virus Hepatitis B.

Untuk Healthy Carrier,  cukup kontrol 6 bulan sekali , dengan memantau kadar SGPT dan SGOT. Selama kadar SGPT dan SGOT nya normal, maka tidak ada masalah dengan livernya.

Apabila kadar SGPT dan SGOT meningkat lebih dari dua kali batas atas normal, pemeriksaan harus dilanjutkan, yaitu HBeag dan HBV DNA.

Apabila HBeAg nya negatif dan HBV DNA nya lebih dari 2 x 10^3 atau HBeag positif dengan HBV DNA lebih dari 2 x 10^4 , baru penderita diberikan anti virus (bisa tablet oral atau suntikan Interferon)

Bahaya Hepatitis B menjadi sirosis (pengerasan hati) atau hepatoma (kanker hati) tidak lebih dari 10 persen.  Jadi bila HBsAg Anda positif, tidak perlu panik terlebih dahulu, karena belum tentu terdiagnosis Hepatitis B. Jika terdiagnosis pun mudah diobati.

Segera lakukan, pemeriksaan Panel Hepatitis B di cabang Parahita Diagnostic Center terdekat, untuk mengetahui Anda terpapar virus Hepatitis B dan Hepatitis B  mudah disembuhkan.

***Prof BW /DS/AP

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *