PERIKSA PAYUDARA DEMI KINI DAN NANTI

Parahitanews.com – Kesadaran wanita akan kesehatan sudah mulai meluas, khususnya kesehatan dari beberapa penyakit yang secara spesifik menyerang mereka kaum wanita yaitu kanker. Kanker sendiri merupakan penyakit yang tidak memiliki tanda-tanda yang begitu spesifik atau bahkan tidak ditandai gejala apapun, namun ketika penyakit tersebut sudah mulai menyebar ke organ lain sehingga menimbulkan rasa sakit/keluhan yang luar biasa, penderita ternyata telah terdiagnosa stadium lanjut.

Menurutdr Jetty P. Snae Beberapa jenis kanker mungkin dapat di timbulkan oleh berbagai unsur dari “luar”, seperti rokok, pencemaran air dan udara oleh industri atau bisa juga karena radiasi, bahkan bisa juga sebagai dampak negatif dari jenis makanan modern (yang banyak merugikan tubuh kita); kanker dapat pula di sebabkan oleh virus dan dapat dihubungkan dengan ketidakseimbangan hormon.

Salah satunya adalah kanker payudara, Kanker payudara adalah kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Kanker bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus), atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara. Kanker payudara terbentuk saat sel-sel di dalam payudara tumbuh tidak normal dan tidak terkendali. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan.

Benjolan-benjolan yang bisa jadi tumor atau kanker dapat di ketahui melalui beberapa cara, yaitu :

  1. SADARI

SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dilakukan secara rutin pada 7 – 10 hari setelah hari pertama menstruasi. Cara melakukan SADARI, angkat kedua tangan ke atas kemudian tekuk siku dan letakkan di belakang kepala, cermati payudara jika ada pembengkakan atau otot pada payudara berbeda, selanjutnya biarkan tangan kanan tetap pada posisi sebelumnya dan tangan kiri meraba ke atas ke bawah serta melingkar dari tepi ketiak hingga putting (lakukan pula sebaliknya), terakhir cubit puting dan lihat apakah ada cairan yang keluar dari puting, dan segera konsultasikan dokter jika hal itu terjadi. SADARI dilakukan demi mencegah dan mengetahui secara dini jika ada benjolan pada payudara.

  • USG Mamma

USG Mamma (Ultrasonografi Mamae) merupakan pemeriksaan lanjutan untuk melihat kondisi benjolan/kelainan pada payudara, dengan USG akan terlihat penampakan benjolan pada jaringan payudara. USG menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi dan tanpa paparan radiasi, sehingga di rekomendasikan untuk ibu hamil, menyusui, pengguna implan/silikon karena tergolong aman.

  • Mammografi

Mammografi atau mammogram adalah tes pemindaian yang dilakukan untuk menangkap gambar jaringan payudara dengan menggunakan teknologi foto Rontgen. Mammografi digunakan sebagai alat untuk memeriksa dan mendeteksi berbagai bentuk kelainan pada payudara, seperti kanker payudara, tumor, kista payudara, atau penumpukan kalsium (kalsifikasi) pada jaringan payudara. Mammografi dapat di lakukan oleh wanita dengan usia minimal 35 tahun.

Baca juga : ULTRASONOGRAFI (USG) KANDUNGAN

Lakukan pemeriksaan USG Mamma dan Mammografi Anda di  Parahita Diagnostic Center yang telah  terakreditasi dan dapat dipercaya. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi cabang Parahita terdekat.
Keep Healthy and Happy (Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *