LAKUKAN INI SEBELUM PASANG BEHEL

Parahitanews.com – Menjaga penampilan agar tampil menarik merupakan kebutuhan bagi kaum milenial saat ini. Memiliki susunan gigi yang rapi akan menambah rasa percaya diri. Namun tidak semua orang memiliki susunan gigi yang ideal.

Bagi yang susunan giginya tidak rapi, dapat dilakukan pemasangan behel untuk memperbaiki posisi gigi yang berantakan. Bagi yang berencana untuk memasang behel, pastikan Anda ditangani oleh seorang dokter gigi spesialis orthodonti yang berkompeten untuk memperbaiki posisi gigi menjadi ideal dengan pemasangan behel.

Menurut drg. Kerry Anogia Manoppo, Sp.Ort, umumnya pasien datang ke praktek dengan keluhan gangguan mengunyah, gangguan fungsi rahang, dan yang terbanyak datang dengan masalah penampilan (susunan gigi berantakan).

Sebelum dilakukan pemasangan behel, dokter gigi akan meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan cephalometri, yang menggunakan sinar-X dosis rendah.  Pada hasil foto cephalometri ini, akan tampak gambaran bentuk wajah, susunan tulang-tulang kepala dan leher, susunan gigi di rahang atas maupun rahang bawah serta jaringan non-gigi dan tulang lunak. Dari hasil ini, dokter dapat mengukur derajat kemiringan gigi yang akan dipasang behel, sehingga hasil akhirnya tidak akan merubah bentuk wajah seseorang. Selain itu, dari gambaran hasil foto cephalometri, dokter dapat memperkirakan berapa lama penggunaan behel dan menilai hasil pemasangan behel.

Bila tidak dilakukan foto cephalometri sebelum pemasangan behel, maka dapat timbul efek samping antara lain : hidung menjadi pesek atau bentuk wajah menjadi tidak simetris setelah behel dipasang, bahkan dapat menimbulkan migrain dan rasa nyeri di leher.

Dokter yang berpraktek di Jalan Darmo Indah Timur VIII Blok P no 18 menuturkan bahwa tidak ada batasan usia untuk dipasang behel, asalkan pertumbuhan giginya 80% sudah merupakan gigi dewasa. Hal ini dapat diketahui dari hasil foto panoramik gigi.

Baca juga : PENTINGKAH PEMERIKSAAN HAPUSAN DARAH TEPI ?

Jangan takut untuk memasang behel. Konsultasikan terlebih dahulu dengan Orthodontist Anda dan lakukan pemeriksaan cephalometri sebelum pemasangan behel, untuk mendapatkan senyum yang menarik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi cabang Parahita terdekat. Keep Healthy and Happy.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *