PENTINGKAH PEMERIKSAAN HAPUSAN DARAH TEPI ?

Parahitanews.com – pemeriksaan hapusan dilakukan dengan beberapa indikasi. Indikasi pertama adalah untuk memvalidasi hasil darah lengkap yang didapatkan abnormalitas dan yang kedua adalah sesuai permintaan dokter klinisi untuk mengevaluasi kelainan klinis dan menunjang diagnosis.

Menurut Dr.dr. Puspa Wardhani, Sp. PK (K) Hapusan Darah Tepi (HDT) dilakukan kepada pasien yang melakukan pemeriksaan darah lengkap dan  diketahui ada kelainan di hasil pemeriksaannya seperti  kadar hemoglobin menurun atau meningkat (anemia atau polisotemia vera), jumlah trombosit menurun atau meningkat (trombositopenia atau trombositotosis), jumlah leukosit menurun atau meningkat (leukopenia atau lekositosis). Semua abnormalitas pada hasil darah lengkap tersebut  harus dikroscek dengan pemeriksaan hapusan darah tepi untuk memvalidasi hasil yang dikeluarkan oleh hematology analyzer. Laboratorium bertanggung jawab untuk melakukan validasi ini walaupun tanpa permintaan dari dokter perujuk.

Kemudian, yang ke-2 adalah berdasarkan permintaan dokter perujuk. Keadaan berikut merupakan sebab dimintakannya HDT oleh dokter : misalnya pasien anemia untuk membantu menentukan jenis anemia dan pengibantannya. Pada temuan leukositosis, dokter dapat meminta HDT untuk mengevaluasi proporsi selnya, morfologi normal atau abnormal, dan apakah terdapat sel muda yang mendukung diagnosis leukemia. Pada penyakit kronis yang dalam perjalanannya akan disertai kelainan hematologi maka dokter perujuk dapat meminta pemerikasaan darah lengkap dan dikonfirmasi dengan HDT.

Sebaiknya HDT diperiksakan atas permintaan dari dokter, karena dalam HDT ada interpretasi atau kesimpulan. Pasien dari latar belakang nonmedis akan lebih mudah memahami jika ada dokter yang menjelaskan.

Semua sel darah akan diperiksa dalam HDT (eritrosit, leukosit dan trombosit). Seri eritrosit akan dievaluasi : apakah hipokromik atau normokromik, variasi ukurannya, bentuk sel abnormal dan apakah ditemukan normoblast (sel muda yang akan menjadi eritrosit).  Hipokromik adalah gambaran eritrosit dengan kadar hemoglobin menurun yang ditandai dengan eritrosit lebih pucat dari normal. Normokromik adalah gambaran eritrosit dengan kandungan hemoglobin normal adalah gambaran dari eritrositnya yang menggambarkan kandungan hemoglobin dalam eritrosit. 

Variasi ukuran dan bentuk abnormal yang ditemukan juga akan membantu menemukan penyebab kelainan eritrosit. Temuan eritrosit  hipokromik bisa disebabkan antara lain anemia difisiensi besi kurang besi. Bila ditemukan eritrosit yang berbentuk oval dan besar (ovalomakrositik) bisa disebabkan karena kekurangan vitamin B 12 atau asam folat.

Evaluasi leukosit terdiri dari menentukan kesan jumlah, proporsi masing-masing jenis leukosit (persentase eosinofil, basofil, neutrofil, limfosit, monosit), menentukan morfologi abnormal, adanya sel leukosit imatur. Jumlah leukosit meningkat disebut leukositosis sedangkan jika menurun dinamakan leukopenia. Morfologi sel leukosit dievaluasi apakah  normal atau abnormal dan menentukan proporsi masing masing jenis leukosit. Penemuan sel muda atau sel imatur akan mendukung kecurigaan  diagnosis Leukemia.

Trombosit dalam HDT akan dievaluasi : jumlah, morfologi, dan apakah ditemukan  trombosit berukuran besar. Kelainan jumlah trombosit meningkat disebut trombositosis, sedangkan jika jumlah menurun disebut trombositopenia. Morfologi keping trombosit dievaluasi bentuk dan tampilan sitoplasmanya. Temuan trombosit berukuran besar juga akan diinformasikan. Semua hal tersebut akan memberikan informasi ke klinisi untuk mendukung diagnosis.

Baca juga : BUGAR & SEHAT ADALAH KUNCI MENIKMATI HIDUP

Hapusan darah tepi juga dapat dimintakan pada pasien yang mengalami jaundice atau peningkatan bilirubin darah , anemia tanpa sebab yang jelas, pasien mudah mengalami lebam, kecurigaan keganasan dan leukemia, berat badan menurun drastis, kecurigaan infeksi, nyeri tulang, dan memiliki penyakit kronis seperti gagal ginjal, diabetes mellitus. imbangi check up secara berkala untuk memastikan kesehatan anda di Parahita Diagnostic Center. Karena sehat itu nyaman, mengundang energi positif, dan menghadirkan kebahagiaan Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi parahita cabang terdekat.

Keep Healthy and Happy (Dp/Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *