TIDAK PERLU TAKUT, KITA BISA CEGAH HEPATITIS A

Parahitanews.com – Bulan Juli 2019 diawali dengan kabar Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur. Menurut data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur (30/07/19), jumlah penderita Hepatitis A di Kabupaten Pacitan mencapai hampir 1000 orang, yang tersebar di 8 kecamatan, dalam kurun waktu hanya 1 bulan.

Penyakit Hepatitis A merupakan peradangan pada sel hati yang disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis A (HAV). Masa inkubasi (waktu sejak virus masuk ke dalam tubuh sampai timbul gejala) berlangsung selama 28-30 hari. Virus ini dapat ditemukan dalam tinja penderita 1-2 minggu sebelum timbul gejala.

Penularan virus ini terjadi secara fekal-oral. Terjadinya wabah Hepatitis A di Pacitan, diduga berasal dari tercemarnya sumber air yang digunakan masyarakat luas oleh virus Hepatitis A, kebersihan perlengkapan makan dan lingkungan yang kurang terjaga, serta minimnya pasokan air bersih.

Menurut dr. Setijamurti, Sp.PK, beberapa minggu setelah terpapar virus, akan muncul gejala antara lain : mual, muntah, lemas, nyeri perut kanan atas, warna kulit dan mata menjadi kekuningan serta air seni berwarna coklat seperti teh.  Bila mengalami gejala demikian, dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan diagnosa Hepatitis A, yang ditandai dengan peningkatan kadar enzim hati (SGOT, SGPT), kadar Bilirubin serta IgM Anti-HAV positif.

Anda tidak perlu panik, karena Hepatitis A adalah self-limiting disease (penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya). Pasien Hepatitis tipe A cukup istirahat di rumah dan mencukupi kebutuhan nutrisi serta cairan. Tidak ada pantangan makanan untuk pasien Hepatitis A. Penyembuhan akan terjadi dalam kurun waktu dua minggu.

Hepatitis A bisa dicegah, dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Biasakan cuci tangan setelah dari toilet, sebelum mengolah makanan dan setelah membersihkan muntah/kotoran penderita Hepatitis. Tak kalah penting untuk kita menjaga kebersihan makanan, mulai dari proses pengolahan sampai penyajian makanan, serta menghindari jajanan atau makanan yang tidak higienis. Upaya pencegahan juga dapat dilakukan dengan pemberian vaksinasi terhadap virus Hepatitis A. Selain itu, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, kita dapat mendeteksi lebih awal penyakit ini, dan dapat segera diobati.

Kenali gejala Hepatitis A dan segera lakukan pemeriksaan PANEL HEPATITIS A, di cabang Parahita Diagnostic Center terdekat. Hepatitis A mudah disembuhkan dengan penanganan yang cepat dan tepat.

Kepp Healthy and Happy. (Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *