WASPADAI PENYAKIT YANG RENTAN MENYERANG PRIA

Parahitanews.com – Penyakit bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali, baik pria maupun wanita. Berbagai informasi tentang kesehatan, sekarang mudah diakses, sehingga para wanita lebih tanggap dan memperhatikan kesehatannya. Sebaliknya menurut Prof. dr. H. Boediwarsono, SpPD, KHOM, PGD. Pall. Med(ECU). FINASIM, pria cenderung kurang khawatir akan kesehatannya, padahal kaum pria juga rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Berikut berbagai ganguan kesehatan yang rentan menyerang kaum pria.

  1. Penyakit Jantung Koroner
    Pria lebih beresiko terkena penyakit jantung koroner dibandingkan wanita. Beberapa faktor resiko yang menyebabkan seorang pria dapat terkena penyakit jantung koroner, antara lain: adanya riwayat keluarga mengalami serangan jantung koroner, usia, kebiasaan merokok, hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol darah tinggi, obesitas, diabetes dan kurangnya olahraga. Resiko penyakit jantung dapat diminimalisir dengan cara berhenti merokok, menjaga komposisi makanan dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi gula, serta menjaga berat badan tetap ideal dengan rutin olahraga.
  2. Stroke
    Pola hidup yang tidak sehat antara lain: merokok, mengonsumsi alkohol, kurangnya olahraga dan asupan makanan yang tidak sehat, menjadi pemicu terjadinya Hipertensi yang merupakan penyebab utama dari stroke. Untuk mencegah terjadinya stroke, bisa dimulai dari penerapan hidup sehat, seperti :  tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, rutin olahraga minimal 3 kali/minggu, dan memperhatikan asupan makanan yang didominasi dengan sayur dan buah. Hindari daging merah dan susu full-cream yang mengandung banyak lemak jenuh.
  3. Kanker Paru
    Kanker paru adalah salah satu penyakit pembunuh bagi pria dan wanita. Resiko terjadinya kanker paru dapat disebabkan karena paparan asap rokok, polusi udara oleh  gas beracun seperti radon dan asbes. Dengan segera berhenti merokok, mengatur pola makan, latihan pernafasan, olahraga dan tidur yang cukup akan mengurangi kerusakan paru lebih lanjut dan mencegah terjadinya penyakit kanker paru.
  4. Kanker Prostat
    Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat. Umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil dan biasa menyerang pria usia di atas 50 tahun. Kanker prostat berkembang secara perlahan dan tidak menimbulkan gejala awal. Gejala baru terlihat ketika kanker telah menyebar ke organ tubuh lain. Untuk itu, bagi para pria yang berusia di atas 50 tahun, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan penanda tumor PSA (Prostat specific antigen), sebagai upaya deteksi dini penyakit kanker prostat ini.

Berbagai penyakit di atas dapat terjadi karena pengaruh faktor keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mencegahnya, terapkan pola hidup sehat sejak sekarang. Selain itu, lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, agar dapat mengetahui resiko serta mendeteksi dini berbagai penyakit tersebut.  Mencegah tentu lebih efektif daripada mengobati. Pastikan Parahita Diagnostic Center menjadi  tempat terpercaya untuk memastikan kesehatan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi cabang Parahita terdekat.

Keep Healthy and Happy. (Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *