KETAHUI TEKANAN DARAH ANDA, CEGAH KOMPLIKASI HIPERTENSI

Parahitanews.com – Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu keadaan di mana tekanan darah meningkat di atas ambang batas normal (batas tekanan darah normal : < 120/80 mmHg).  Hipertensi merupakan masalah kesehatan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hasil Survei Indikator Kesehatan Nasional tahun 2016 menunjukkan sekitar 32.4 % penduduk Indonesia mengidap hipertensi. Tetapi hanya 4% yang hipertensinya terkendali (minum obat hipertensi).

Menurut dr. Masfuad hipertensi perlu diwaspadai karena tidak menimbulkan gejala, tetapi hanya dapat diketahui dengan mengukur tekanan darah. Seseorang dikatakan Hipertensi apabila tekanan darahnya di atas 140/90 mmHg pada 2 kali pengukuran di waktu yang berbeda. Sebelum mengukur tekanan darah, pastikan tubuh dalam kondisi relaks dan hindari melakukan aktivitas berat.

Penyebab hipertensi terutama disebabkan karena gaya hidup yang buruk (makanan tinggi lemak, merokok, alkohol, kafein berlebih, jarang olahraga).

Bila sudah dipastikan hipertensi, lakukan modifikasi gaya hidup sebagai upaya pengendalian tekanan darah, sebagai berikut:

1.            Makan makanan sehat

Perbanyak makan buah dan sayuran. Hindari makanan tinggi lemak jenuh yang dapat membuat tekanan darah melonjak.

2.            Kurangi asupan garam dan kafein

Jauhi makanan instan yang umumnya mengandung kadar garam tinggi. Minum kopi lebih dari 2 gelas/ hari dapat menaikkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

3.            Olahraga teratur

Olahraga teratur 30 menit/hari dapat menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg, juga  menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4.            Berhenti merokok

Merokok tidak hanya berakibat buruk bagi saluran nafas, tetapi juga dapat mempersempit pembuluh darah sehingga tekanan darah meningkat.

5.            Pengelolaan stres dengan bijak

Latihan pernafasan untuk relaksasi serta melakukan kegiatan yang menyenangkan atau pergi berlibur.

6.            Minum obat Hipertensi sesuai arahan dokter

Ada beberapa golongan obat untuk hipertensi. Konsultasikan dengan dokter jenis obat yang sesuai untuk Anda dan jadwal minum obat.

Jangan takut untuk minum obat hipertensi, karena hipertensi yang tidak terkontrol akan menyebabkan komplikasi seperti: penyakit Jantung Koroner, Gagal Jantung, Stroke, Gagal Ginjal Kronis dan Kebutaan.

Pasien hipertensi harus secara rutin memeriksakan tekanan darahnya. Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium secara berkala untuk mengetahui pengendalian tekanan darah Anda. Parahita Diagnostic Center menyediakan pemeriksaan Panel Pengelolaan Hipertensi, untuk mengetahui adanya komplikasi akibat hipertensi.

Ayo periksa tekanan darah Anda, dan cegah komplikasi akibat hipertensi. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi cabang Parahita terdekat.

Keep Healthy and Happy.(Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *