BOLEHKAH PENDERITA DIABETES BERPUASA?

Parahitanews.com – Ramadhan telah tiba, waktunya ibadah puasa. Berpuasa bagi penderita penyakit kronis (seperti Diabetes) dapat menyebabkan timbulnya resiko kesehatan seperti: dehidrasi atau tidak terkendalinya kadar gula darah. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, penderita Diabetes sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui  apakah kondisi Anda memungkinkan untuk dapat berpuasa.

Penderita  diabetes diperbolehkan untuk berpuasa bila kadar gula darahnya terkendali baik, yang ditandai dengan  kadar HbA1C < 8 % dan tidak dijumpai komplikasi. Bagi penderita Diabetes yang tidak terkontrol atau mengalami komplikasi berat (seperti : gagal ginjal, Stroke, dan lain-lain), tidak disarankan untuk berpuasa, karena dikhawatirkan dapat terjadi komplikasi akut yang berbahaya.

Menurut Dr. dr. Puspa Wardhani Sp.PK (K), agar dapat menjalankan puasa dengan aman, beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penderita Diabetes :

  • Pola makan sehat dan seimbang untuk penderita Diabetes.

Diet yang disarankan adalah menu yang mengandung karbohidrat kompleks (seperti: gandum, nasi merah, kacang-kacangan, umbi-umbian). Lengkapi dengan protein, sayur dan buah.

  • Pastikan kebutuhan cairan tercukupi saat buka puasa sampai sahur.

Konsumsi air putih yan cukup. Batasi makanan atau minuman yang terlalu manis atau berlemak tinggi (makanan bersantan atau gorengan).

  • Penderita Diabetes tetap diperbolehkan untuk melakukan aktifitas saat berpuasa.

Aktivitas rutin sehari-hari atau berolahraga ringan, serta mencukupi kebutuhan istirahat. Hindari aktivitas fisik / olahraga berlebihan.

  • Konsultasikan dengan dokter mengenai jadwal dan dosis obat diabetes.

Pemberian obat diabetes mengalami penyesuaian saat puasa karena adanya waktu sahur dan berbuka.

  • Penderita Diabetes harus memantau kadar gula darahnya secara teratur.
  • Penderita Diabetes harus menghentikan puasa.

Bila mengalami gejala hipoglikemia (penurunan kadar glukosa darah), seperti: gemetar, gelisah, berdebar-debar, pingsan atau kejang.

Pastikan Diabetes Anda terkendali dengan pemeriksaan Panel Pengelolaan Diabetes Mellitus di Parahita Diagnostic Center, yang menjamin hasil akurat dan terpercaya.

Baca juga: PANEL DIABETES MELLITUS

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi cabang Parahita terdekat.

Keep Healthy and Happy.(Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *