APA ITU DEMAM REMATIK ?

Parahitanews.com – Demam rematik adalah demam yang terjadi setelah infeksi saluran nafas atas, infeksi daerah pencernaan, atau infeksi pada saluran kemih. Penyebabnya adalah bakteri streptococcus beta hemolyticus group A. Demam ini paling banyak terjadi pada anak-anak sampai usia remaja.

Menurut dr. Sulianty, M.Ked (ClinPath) Sp.PK Gejala demam rematik bervariasi, antara lain: demam tinggi disertai nyeri sendi, chorea (gerakan seperti menari), bercak kemerahan di badan, serta timbul suatu benjolan di bawah kulit (nodul subkutan).

Untuk mendiagnosis Demam Rematik ini, dokter akan meminta pemeriksaan darah, antara lain: pemeriksaan hematologi lengkap, pemeriksaan ASTO (untuk mengetahui adanya antibodi yang dihasilkan bakteri penyebab Demam Rematik), serta pemeriksaan kultur untuk membuktikan adanya infeksi streptococcus beta hemolyticus grup A.

Bila buah hati Anda mengalami demam disertai gejala yang mencurigakan Demam Rematik, segera konsultasikan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat tatalaksana yang sesuai agar tidak terjadi komplikasi seperti penyakit jantung rematik (gangguan pada katub jantung). Pengobatannya pun akan lebih sulit bila sudah terjadi komplikasi.

Segera lakukan pemeriksaan ke laboratorium yang memiliki fasilitas lengkap di Parahita Diagnostic Center untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan hubungi cabang Parahita terdekat. Keep Healthy and Happy.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *