KENALI GEJALA LEUKIMIA

Parahitanews.com – Akhir-akhir ini banyak dijumpai kasus leukemia yang terjadi pada anak-anak. Hal yang pertama kali muncul di benak kita saat mendengar vonis kanker adalah penyakit ini  tidak bisa disembuhkan bahkan menyebabkan kematian. Oleh karena itu, pengetahuan dasar tentang gejala leukemia perlu diketahui bagi tiap keluarga (khususnya para ibu) agar dapat mengantisipasi dengan segera.

dr. Masfuad (Dokter Konsultan Laboratorium Klinik Parahita) mengatakan bahwa leukemia atau yang lebih dikenal dengan kanker darah adalah jenis kanker yang menyerang leukosit (sel darah putih) manusia. Leukemia dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Terdapat beberapa jenis leukemia, namun yang banyak terjadi pada anak-anak adalah jenis leukemia akut yang penyebarannya sangat cepat dan sulit diobati.

Pada leukemia, terjadi pembentukan sel darah putih di sumsum tulang yang tidak terkendali. Kondisi ini menyebabkan pembentukan sel darah merah dan trombosit terganggu sehingga pasien menjadi anemia (kurang darah) dan trombositopenia (jumlah trombosit rendah).

Gejala leukemia yang perlu kita waspadai antara lain: muka pucat, sering mimisan, sering demam yang timbul mendadak, nyeri tulang, gusi mudah berdarah, mudah memar, penurunan berat badan secara drastis, pembengkakan kelenjar di belakang telinga/ketiak/sela paha, serta mengalami pembengkakan pada perut.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mendeteksi dini leukemia adalah dengan melakukan pemeriksaan darah lengkap. Melalui pemeriksaan darah lengkap kita dapat mengetahui komposisi sel darah kita (sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit) dan kelainan yang mungkin terjadi. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan yaitu pemeriksaan sumsum tulang.

Pada leukemia, dijumpai kadar hemoglobin dan trombosit yang rendah karena penekanan produksi sel darah merah dan trombosit. Jumlah sel darah putih umumnya meningkat tetapi dapat juga jumlahnya normal atau rendah.

Baca Juga : PENTINGNYA PEMERIKSAAN PRANIKAH

Apabila Anda atau keluarga Anda mengalami gelaja-gejala yang sudah disebutkan, segeralah melakukan pemeriksaan kesehatan Anda di Laboratorium Parahita. Pengobatan utama leukemia adalah dengan kemoterapi yang tentunya membutuhkan biaya yang sangat mahal. Tentu lebih baik kita mencegah terjadinya penyakit ini daripada mengobati. Keep Healthy and Happy. (Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *