KENALI GEJALA PENYAKIT LUPUS

Parahitanews.com – Penyakit autoimun adalah penyakit yang timbul karena ada antibodi kita yang merusak sel tubuh kita sendiri. Banyak jenis penyakit autoimun yang menyerang tubuh seseorang, salah satunya adalah lupus.

Mungkin banyak yang belum paham tentang penyakit kronis ini. Penyakit lupus (systemic lupus erythematosus) adalah penyakit yang mengenai kekebalan tubuh seseorang dengan berbagai tanda. Sistem kekebalan tubuh penderita lupus dapat menyerang berbagai organ seperti sendi, paru-paru, ginjal, otak, dan jaringan saraf.  Komplikasi penyakit lupus yang berbahaya adalah kerusakan otak dan ginjal.

Sejauh ini belum banyak diketahui penyebab timbulnya lupus, tetapi ada sebagian ahli menganggap pemicu munculnya penyakit lupus pada beberapa orang adalah karena pengaruh faktor genetika dan obat-obatan tertentu.

Adapun gejala lupus antara lain malar rash (ruam merah di wajah yang berbentuk seperti kupu-kupu), discoid lupus (ruam merah di tubuh), photosensitivity (sensitif terhadap cahaya), oral ulcer (luka di daerah rongga mulut), arthritis (radang sendi), serositis (penumpukan cairan di rongga paru-paru/jantung), seizure (kejang), psikotik (gangguan kejiwaan), proteinuri (adanya protein dalam urin yang menunjukan gangguan ginjal), dan gangguan sel darah.

Menurut Prof.dr.H.Boediwarsono,SpPD,KHOM,PGD.Pall.Med(ECU).FINASIM, apabila Anda atau keluarga Anda mengalami minimal empat gejala tersebut didukung hasil pemeriksaan ANA Test positif, dapat dikatakan Anda menderita lupus. Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan di laboratorium untuk mendapatkan penanganan secara tepat.

Lupus dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih banyak menyerang perempuan dewasa. Lupus dapat dikendalikan dengan pemberian steroid untuk menekan fungsi imun. Pasien Lupus sebaiknya kontrol rutin ke dokter untuk memonitor perkembangan penyakitnya.

Baca Juga : LADIES, YUK DETEKSI DINI KANKER PADA PEREMPUAN

Kenali gejala lupus dan segera periksakan ke Laboratorium Parahita terdekat untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang cepat dan akurat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *