AYO KENALI GEJALA HEPATITIS DAN CARA PENCEGAHANNYA

Parahitanews.com – Tanggal 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia. Penyakit Hepatitis mendapat perhatian khusus, karena merupakan masalah kesehatan di dunia, termasuk di Indonesia. Data dari Badan Kesehatan Dunia menyebutkan, sebanyak 1.5 juta penduduk dunia meninggal setiap tahunnya karena Hepatitis. Menurut dr. Sulianty, MKed (ClinPath) Sp.PK hal ini terjadi karena sebagian besar penderita Hepatitis tidak mengetahui bahwa dirinya sakit, dan tidak diobati, sampai terjadi komplikasi yang fatal. Selain itu, mereka juga  dapat menularkan penyakit ini pada orang lain.

Hepatitis merupakan peradangan pada sel hati, yang dapat disebabkan oleh zat kimia, alkohol, obat-obatan, dan yang paling sering disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis, antara lain : virus Hepatitis A, B, C, D dan E. Penyakit ini dapat terjadi pada semua kelompok usia, dan gejala awalnya sering tidak khas.

Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis A (HAV), yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh virus Hepatitis A. Beberapa minggu setelah terpapar virus, akan muncul gejala antara lain : mual, muntah, lemas, nyeri perut kanan atas, warna kulit dan mata menjadi kekuningan dan air seni berwarna coklat seperti teh. Penyakit ini bersifat ringan dan cepat sembuh.

Hepatitits B dan C

Disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis B (HBV) dan Hepatitis C (HCV). Penularan terjadi lewat cairan tubuh, seperti : darah, mani, sekret vagina, ASI. Juga dapat ditularkan dari ibu hamil kepada bayi yang dikandungnya. Penggunaan alat suntik, pisau cukur atau sikat gigi bergantian, berhubungan seksual dengan penderita dan tranfusi darah dari donor yang menderita Hepatitis B dan C merupakan faktor resiko seseorang terinfeksi virus ini Gejala hampir sama seperti infeksi virus hepatitis lain.

Yang membedakan adalah, infeksi virus Hepatitis B dan C ini dapat berlangsung kronis, dan dapat menyebabkan terjadinya komplikasi yang serius, seperti : pengerasan jaringan hati (sirosis) dan kanker hati.

Baca Juga : KITA BISA CEGAH STROKE

Namun, kita tidak perlu khawatir. Penyakit Hepatitis bisa dicegah, dengan pemberian vaksinasi terhadap virus Hepatitis A dan B. Selain itu, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, kita dapat mendeteksi lebih awal penyakit ini, dan dapat segera diobati.

Ayo lakukan pemeriksaan Panel Hepatitis di laboratoium Parahita terdekat, untuk memastikan Anda bebas dari infeksi virus Hepatitis. Anda juga dapat melakukan vaksinasi Hepatitis B di masing-masing cabang kami. Keep Healthy and Happy. (Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *