SAYANGI JANTUNG ANDA SEJAK DINI

Parahitanews.com – Menjaga kesehatan tubuh ibarat menabung untuk menghadapi hari tua. Namun, banyak yang mengabaikan hal tersebut dan lebih memilih hidup tidak sehat. Alasannya, mumpung masih muda. Padahal penyakit jantung koroner (PJK) dapat dicegah sejak dini dengan mengenali faktor resiko dan menjalani gaya hidup sehat:

Berikut beberapa tips menyayangi jantung anda dari dr Agus Subagjo SpJP (FIHA):

-Turunkan kolesterol :

Lemak yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi berbagai jenis turunan lemak seperti trigliserida, asam lemak, dan kolesterol. “Kolesterol jahat” berhubungan dengan terbentuknya plak pada pembuluh darah. Hal tersebut yang menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung koroner. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kolesterol Anda. Pertama, kurangi asupan makanan yang digoreng. Kemudian, batasi juga konsumsi kuning telur. ’’Dua kuning telur dalam satu minggu cukup,’’ ucapnya. ‘’Juga hindari jeroan, gajeh dan kulit,’’ imbuh beliau.

-Kontrol Tekanan Darah

Hipertensi juga menyumbang terjadinya serangan jantung. Hipertensi dapat menyebabkan pembuluh darah jantung menyempit dan mempermudah terbentuknya plak. Dalam jangka panjang, kondisi tersebut memperberat kerja jantung.Kenali dan kendalikan hipertensi adalah salah satu wujud sayang Anda pada si organ jantung. Caranya dengan melakukan cek kesehatan umum setahun sekali. ’’Terutama setelah usia 30-35 tahun. Dengan cek up rutin bisa dilihat terjadi peningkatan tekanan darah atau tidak,’’ ucap beliau.

-Kenali Gejala Diabetes (Kencing Manis)

Diabetes dapat menyebabkan gangguan jantung lewat beberapa mekanisme. Salah satunya yaitu mempermudah terjadinya plak, memperberat kerja jantung karena gula darah yang mengendap, atau aliran darah ke jantung menjadi kurang baik. Karena itu, kita perlu mengenali gejala klasik diabetes. Yakni banyak buang air kecil (terutama malam hari), banyak minum, dan banyak makan (tetapi berat badan turun)

’’Bila keluarga memiliki risiko diabetes, atau pada saat hamil pernah mengidap diabetes, cek kesehatan sebaiknya lebih dini dan lebih sering,’’ ungkap beliau. Tak kalah pentingnya menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang berkalori tinggi dan rendah gizi, seperti makanan berbahan dasar tepung-tepungan, atau minuman yang terlalu manis.

-Stop merokok

Merokok merupakan faktor risiko terjadnya berbagai penyakit. Selain penyakit jantung, rokok dapat menyebabkan kanker, stroke, tekanan darah tinggi, dan gangguan aliran darah lainnya. Ini karena rokok mengandung zat-zat yang tidak sehat termasuk radikal bebas yang mempermudah terjadinya plak di pembuluh darah.

Baca juga : YUK PERIKSA KESUBURAN DAHULU SEBELUM MENIKAH

-Jaga Berat Badan

Obesitas sudah menjadi masalah kesehatan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Pola makan yang tidak sehat menjadi problem kesehatan yang sebenarnya bisa disiasati. Disarankan untuk memperbanyak aktivitas fisik, tidak hanya dengan berolah raga, tapi dengan melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya, berjalan kaki atau bersepeda. ’’Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang berkalori tinggi,’’ ucap beliau.

-Rajin Olah Raga

Olah raga akan memperkuat jantung Anda, melancarkan peredaran darah, mengurangi produksi plak penyebab jantung koroner, menjaga berat badan, serta memperbaiki metabolisme karbohidrat. (An/Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *