MANFAAT TERAPI AKUPUNTUR

Parahitanews.com – Akupuntur dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Dokter Harjanto W. Huang, seorang pakar Japanese Accupuncture menuturkan bahwa akupuntur (tusuk jarum) bisa dilakukan pada berbagai kasus penyakit antara lain penyakit yang berhubungan dengan tulang dan autoimun.

Namun, ada juga penyakit yang tidak bisa diterapi dengan akupunktur, antara lain penyakit kanker. “Pada pasien kanker, tusuk jarum berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau mengurangi rasa nyeri di salah satu anggota tubuh,” paparnya.  Dengan begitu, pasien tidak merasakan sakit berlebihan dan kondisinya lebih membaik. Namun, akupunktur tersebut tidak bisa menyembuhkan penyakit kankernya. ”Pasien tetap harus berobat ke dokter bedah onkologi,” tuturnya.

Berbagai penyakit jantung juga tidak bisa hanya ditangani dengan akupuntur. Dr. Harjanto memisalkan penyakit Dekompensasi Kordis atau yang biasa disebut gagal jantung, yang ditandai oleh sekumpulan gejala klinis berupa sesak nafas saat istirahat atau beraktivitas, pelebaran pembuluh darah balik (vena), kaki bengkak (oedema), yang diakibatkan oleh adanya kelainan struktur jantung disertai gangguan fungsi pompa jantung.

Gangguan pada katup (sekat) jantung juga tidak dapat ditangani dengan akupuntur, papar beliau. Berbagai gangguan pada katup jantung, antara lain Ventricular Septal Defect (VSD), Atrial Septal Defect (ASD), Patent Ductus Arteriosus (PDA).

VSD adalah kelainan jantung bawaan, berupa dinding pemisah (septum) antara bilik kanan dan bilik kiri jantung yang tidak terbentuk sempurna. Sedangkan ASD adalah kerusakan antara kedua ruang atas jantung (atrium). Kerusakan ini menyebabkan percampuran darah dengan kandungan oksigen tinggi dengan yang kandungan oksigennya lebih rendah, yang akhirnya mengakibatkan jantung kanan membesar dan tekanan meningkat pada paru-paru (hipertensi pulmonal). PDA ditandai dengan tetap terbukanya duktus arteriosus setelah lahir, yang menyebabkan darah mengalir secara langsung dari aorta (tekanan lebih tinggi) ke dalam arteri pulmoner (tekanan lebih rendah).

Baca Juga : “PERIODE EMAS” STROKE HANYA TIGA JAM

”Pasien dengan kelainan katup jantung hendaknya konsultasi ke dokter spesialis jantung. Tidak bisa ditangani dengan akupunktur,” ucap dokter 65 tahun itu.

Hal-hal seperti ini yang harus diketahui oleh masyarakat. Sebab, kata Harjanto, banyak warga yang salah persepsi bahwa akupunktur bisa untuk mengobati semua penyakit.  ”Padahal realitanya tidak demikian,” imbuhnya. (An/Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *