SERING SAKIT PINGGANG, LAKUKAN HAL INI

Parahitanews.com – Sakit pinggang tentu sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Bila Anda mengalami sakit pinggang, konsultasikan ke dokter Anda untuk memastikan penyebabnya, sehingga Anda mendapatkan pengobatan yang tepat. Dr. Sutis Nasia, Spesialis saraf, membagikan beberapa tips untuk mengatasi sakit pinggang yang Anda alami.

Pertama, yaitu dengan melakukan peregangan otot minimal 30 menit dalam sehari. Langkah selanjutnya adalah menjaga berat badan ideal dan menghindari perut buncit, karena perut buncit dapat membebani tulang belakang.  ”Yang tak kalah pentingnya adalah berhenti merokok demi menjaga kesehatan tulang,” ucap beliau.

Untuk aktivitas keseharian, Dr.Sutis menyarankan agar kita menghindari posisi bungkuk saat duduk maupun berdiri. Jangan pula mengangkat beban dengan kekuatan lutut dan kaki.  ”Anda harus tahu kekuatan tubuh Anda. Jangan mengangkat beban yang melebihi kemampuan tubuh,” lanjutnya.

Bila Anda harus duduk dalam jangka waktu lama, lakukan peregangan secara berkala. Caranya dapat dengan berdiri sejenak sambil menggerakkan tangan, kaki, leher secara bergantian.  ”Gerakan ini efektif untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas bekerja,” imbuhnya.

Ketika tidur, sebaiknya dalam posisi miring sambil melipat lutut ke atas. Gerakan ini bertujuan untuk mengurangi penekanan pada pinggang. Gunakan alas tidur yang keras dan sesuai dengan postur tubuh.  ”Bagi kaum perempuan, hindari menggunakan sepatu bertumit tinggi untuk waktu terlalu lama,” katanya.

Pengobatan Sakit Pinggang

Sebagian besar kasus sakit pinggang karena cedera otot dapat pulih dalam waktu 72 jam. Jika terjadi cedera otot dibawah 24 jam, kompres otot yang cedera dengan air dingin. Selain itu, dengan mengistirahatkan pinggang (tidur telentang), mandi dengan air hangat, serta mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti paracetamol, dapat mempercepat pemulihan.

Jika ingin melakukan olahraga, terapi pijat, akupuntur, atau terapi tradisional lainnya, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Jika rasa sakit tidak kunjung reda setelah 72 jam, disarankan untuk menemui dokter agar diberikan pengobatan lebih lanjut.Obat-obatan yang biasa diberikan oleh dokter untuk mengatasi sakit pinggang, yaitu penghilang nyeri, anti radang, pelemas otot, anti kejang, atau suntikan pereda nyeri. Melakukan fisioterapi berupa manipulasi panas, dan pemakaian penyangga tulang punggung (back support) berupa korset juga membantu dalam meredakan  nyeri pinggang yang muncul.

Baca juga : Kerja di belakang meja, rentan nyeri pinggang

Bila dengan pemberian obat dan fisioterapi tidak membantu, maka diperlukan penanganan lebih lanjut.Metode minimally invasive untuk nyeri pinggang hebat adalah dengan memberikan suntikan berupa :

  • Blok saraf (Nerve block) : dilakukan dengan cara melumpuhkan rangsangan saraf yang bermasalah, menggunakan suntikan bius lokal, toksin botulinum, steroid atau gelombang radiofrekuensi pada saraf yang nyeri.
  • Suntikan steroid epidural : merupakan terapi jangka pendek untuk meredakan peradangan pada pinggang, terutama yang disebabkan oleh saraf yang terjepit. (An/Ds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *