KENALI MACAM-MACAM PENYEBAB DEMAM

Parahitanews.com – Demam adalah suatu keadaan saat suhu tubuh lebih dari 37,8° C. Demam ada yang berlangsung akut (kurang dari 2 minggu) dan kronis (lebih dari 2 minggu). Umumnya  demam berlangsung akut disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, parasit malaria, infeksi saluran pernafasan atau saluran kemih.

Menurut Prof. dr. H. Boediwarsono, Sp.PD-KHOM, PGD. PalMed(ECU), FINASIM, selaku Laboratory Consultant Parahita Diagnostic Center, dari sekian banyak penyebab demam, yang paling sering terjadi adalah karena infeksi virus. Demam yang disebabkan karena infeksi virus umumnya timbul mendadak dan tinggi. Demam dapat disertai nyeri kepala/ulu hati, linu-linu seluruh tubuh, bahkan muncul ruam kemerahan di kulit. Umumnya infeksi virus berlangsung singkat (tidak lebih dari 1 minggu) dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Meskipun demikian, kita tidak boleh lengah. Infeksi virus yang harus diwaspadai adalah infeksi virus Dengue, yang menyebabkan Demam Dengue atau Demam Berdarah Dengue. Gejala Demam Berdarah menyerupai demam karena penyebab lain, yaitu: demam yang timbul mendadak, sakit kepala, badan terasa sakit semua, dan mual.

Tanpa pemeriksaan darah, sangat sulit menentukan penyebab demam. Untuk mengetahui dengan pasti apa penyebab demam, kita harus melakukan pemeriksaan darah. Parahita Diagnostic Center menyediakan Panel Demam Parahita untuk mengetahui macam-macam penyebab demam.

Dengan mengetahui pasti penyebab demam Anda, pengobatan akan tepat. Segera lakukan pemeriksaan Panel Demam di cabang Parahita terdekat. (Am/Ds)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *