TETAP SEHAT SAAT LIBURAN

Parahitanews.com. Liburan panjang telah tiba. Momen ini tentu menjadi waktu yang menyenangkan dan biasanya digunakan untuk berkumpul seluruh keluarga besar. Acara makan malam bersama menjadi hal yang wajib dilakukan saat acara keluarga. Pastinya banyak hidangan lezat yang disajikan namun kita perlu berhati-hati agar tidak terkena beragam penyakit setelah masa liburan.

Setelah musim liburan dijumpai kenaikan jumlah pasien di laboratorium Parahita yang datang dengan berbagai keluhan, seperti badan pegal-pegal, tensi mendadak tinggi, pusing, badan kaku, dan lain sebagainya.

food-party-02

Penyebabnya adalah makanan tinggi gula dan lemak yang dihidangkan saat liburan tersebut. Hidangan seperti tart, kue-kue, dan gule memang enak, akan tetapi itu mengandung kalori dan lemak jenuh yang sangat tinggi. Konsumsi gula dan lemak yang berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat meningkat. Inilah yang menimbulkan gejala tersebut.

Oleh karena itu, kita tetap harus memperhatikan pola makan kita saat liburan. Melakukan olahraga di sela-sela masa liburan juga membantu kondisi tubuh menjadi tetap fit dan mengurangi risiko penyakit. Selain itu, untuk menjaga kesimbangan tubuh, mengkonsumsi air putih juga perlu dilakukan. Bagi orang yang menderita penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi, harus tetap mengkonsumsi obat dengan teratur, berolahraga, serta membatasi konsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak tersebut.

Bila Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan diri Anda ke laboratorium yang Anda percayai.

Dr. Sulianty, MKed (ClinPath) Sp.PK

***Am


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *